PATRA Bersama Forum LATUBO ( Lamongan, Tuban, Bojonegoro )



PATRA_Indonesia memiliki potensi daya saing komparatif dengan negara-negara lain khususnya pada sektor pertanian. Dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta jiwa (BPS, 2009) dan terus bertambah. Indonesia dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan pokok pangan penduduknya melalui sektor pertanian. Menurut Departemen Pertanian (2009), terjadi peningkatan luas areal panen dan jumlah produksi untuk sub sektor tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura. Peningkatan produksi untuk ketiga sub sektor tersebut secara nasional, salah satunya diakibatkan oleh faktor penggunaan bahan kimia perlindungan tanaman atau pestisida dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT). Berdasarkan data BPS (2009), pada petani padi terjadi peningkatan penggunaan pestisida per musim tanam untuk setiap satu hektar tanaman padi. Berdasarkan perkembangan tersebut, maka industri bahan kimia perlindungan tanaman atau pestisida merupakan salah satu industri yang strategis untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan pokok secara nasional melalui swasembada pangan. Menurut Deptan (2009), di Indonesia jumlah produk pestisida yang terdaftar telah meningkat tajam hingga 2000 persen sejak berdirinya Komisi Pestisida pada tahun 1970. Pada tahun 1970, pestisida yang terdaftar baru berjumlah 40 produk, sementara pada tahun 2008 meningkat jumlahnya menjadi 900 produk. Kondisi di atas menunjukkan persaingan yang semakin ketat antar pelaku industri pestisida.

Dalam kegiatan pertemuan tersebut dihadiri kelompok tani, Taruna tani dan Kelompok wanita tani bekerja sama dengan Forum LATUBO dan dihadiri 400 peserta, setiap perusahaan pestisida membuka setand dan mengadakan penyuluhan masing-masing setand, salah satu pesertan Zaenal Mustofa dari kecamatan Balen sangat seneng dengan adanya pertemuan tersebut dari situ masyarakat  bisa mengenal beberapa produk pestisida dan mendapat penjelasan langsung dari perusahan, banyak hadiah yang disiapkan perusahaan pestisida untuk petani yang aktif dan membeli produk.

Eko dari salah satu panitia dan anggota Forum LATUBO menjelaskan acara tersebut bentuk kepedulian dari temen - temen untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah sabagai Lumbung Pangan dengan mengawal petani untuk meningkatkan 10  Ton per hektar. Harapnya petani bisa bekerjasama dan mempunyai semangat untuk ikut serta.



0 Response to "PATRA Bersama Forum LATUBO ( Lamongan, Tuban, Bojonegoro )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel