Senin, 16 Maret 2015

ADA PATRA ADA GENERASI BANGSA



Sektor pertanian sampai kapanpun akan memegang peranan yang sangat strategis, karena memiliki pengaruh yang sangat significant terhadap devisa negara.  Pertanian adalah basis Pembangunan (agriculture for development). Tantangan yang dihadapi dunia pertanian Indonesia adalah aging generation. Kategori petani kita 60% sudah menua, cari tenaga petani sulit. Semakin sedikit usia produktif petani akan mengakibatkan kapabilitas SDM pertanian ke depan semakin langka. Padahal kemajuan sektor pertanian sangat membutuhkan ide-ide kreatif dan peran nyata dari generasi muda petani/taruna tani. Untuk itu Mentan sangat mengapresiasi PATRA yang secara tidak langsung telah membantu Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan SDM pertanian, khususnya generasi muda/taruna tani. “Yang dilakukan oleh PATRA ini menjadi harapan  dan kebanggaan bagi saya, bahwa ini adalah pelatihan yang konkrit, bagaimana menumbuhkan generasi muda yang mencintai pertanian, dan bisa hidup dari pertanian”, ungkap Inisiator PATRA Bojonegoro Ikak Iriyanto..
Lebih lanjut Iskak mengatakan bahwa pertanian adalah potensi agrobisnis yang terus menerus menguntungkan kalau dikelola secara baik dengan skala ekonomi yang memadai. “Jadi, Anda memilih profesi pertanian tidaklah salah”, kata Iskak, seraya mendukung dalam kegiatan PATRA untuk memanfaatkan lembaga-lembaga pertanian yang ada.
Merespon pernyataan Iskak, koordinator PATRA Bojonegoro Yaumitdin Sugianto menegaskan bahwa PATRA siap mendukung untuk program pemerinta dalam swasembada pangan, menciptakan pertanian berkelanjutan yang di inginkan pemerintah. Melihat pemuda - pemuda sekarang yaumitdin berharap ada preoritas untuk menciptakan keyakinan pada petani muda  untuk terjun dibidang pertanian sehingga pertanian tidak di pandang sebagai jalan terakhir dalam menentukan kehidupan.
Dalam menghadapi pasar Global kita di tuntun untuk lebih berfikir keras dalam persaingan pasar untuk itu pemuda-pemudalah harapan bangsa yang menjadi ujung tombak dalam dunia pasar bebas. Petani sekarang harus bisa mengolah hasil pertanian yang ditanam tutur Ketua Patra.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © PATRA BOJONEGORO | | #